Rabu, 10 Mei 2017

PROPOSAL BISNIS

PROPOSAL USAHA BISNIS
SUPPLIER DRESS MUSLIMAH DAN PAKAIAN MUSLIMAH

Disusun oleh           :
Nama                      : Vidya Ayu Ardesti
NPM                       : 1C214037
Kelas                       : 3EA48
Dosen                      : Rooshwan Budi Utomo



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
KARAWACI
2017


-----------------------------------------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayahnya kepada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal ini. Adapun tujuan dari pembuatan proposal bisnis ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah “Kewirausahaan”.
Proposal ini telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari pihak yang bersangkutan sehingga dapat memperlancar pembuatan proposal ini. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontibusi dalam pembuatan proposal ini. Sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat waktu.
Terlepas dari semua itu, saya selaku penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya, semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Akhir kata saya berharap semoga proposal bisnis ini bermanfaat untuk masyarakat dan juga mahasiswa lainnya dan juga dapat menjadi inspirasi terhadap pembaca.








BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Saat ini pakaian muslimah merupakan salah satu sektor perdagangan yang diminati pada dunia bisnis. Karena sebagian besar penduduk di Indonesia pun ber agama Islam. Dunia fashion saat ini juga mulai berkembang dengan adanya hijab atau pakaian muslim lainnya. Seiring berkembangnya model pakian muslimah maka sektor ini dirasa cukup memiliki prospek yang panjang.
Pada era globalisasi ini semakin pesatnya bisnis perdagangan pakaian muslimah di media internet. Dengan online shop maka pada sekarang ini sangat membuka peluang besar bagi pebisnis, terutama pada pakaian muslimah karena sudah mulai banyak masyarakat sekitar yang mulai sadar akan kewajibannya sebagai muslimah untuk menutup auratnya. Tidak hanya gamis syar’i saja namun seperti hijab yang simple, sederhana namun tetap modis.
Mula nya pakaian muslimah hanya ada kerudung serta baju-baju dengan model yang sederhana. Tak juga modelnya saja namun pada warna pun dahulu warna nya tidak sebanyak sekarang. Saat ini pakian muslimah banyak sekali macamnya mulai dari kerudung biasa sampai kerudung instan sudah ada. Pakian gamis atau baju-baju lainnya pun mulai banyak sekali pola atau modelnya. Dengan bisnis dalam perdangangan pakian muslimah ini juga kita bisa membanu mereka-mereka dalam menjalankan syariatnya seperti menutup aurat bagi wanita. Jadi secara tidak langsung kita mempermudah seseorang untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Maka melihat potensi bisnis pakaian muslimah yang mulai booming pada masa sekarang dan ke depan nya, hal ini menjadikan peluang terbesar untuk terus meningkatkan kualitas pakaian muslimah, selama dapat dikelola dengan baik dan memperkecil angka kerugian.


1.2  Profil Perusahaan

Nama Usaha          : Rumah Cantik Bunda
Jenis Usaha           : Fashion (Pakaian Muslimah)
Alamat                  : Dasana Indah Blok TB 7 Kab.Tangerang
Pemilik                  : Sri Harjanti


1.3  Visi

Menciptakan produk pakaian yang berkualitas dengan inovasi yang bagus serta dapat menguasai pangsa pasar nasional bahkan internasional dan juga sebagai salah satu media dakwah islami.

1.4  Misi

·         Memberikan kualitas terbaik
·         Menciptakan design terbaru
·         Menciptakan produk yang memiliki ciri khas dari merk RCB
·         Bekerja sama dengan brand hijab ternama di indonesia
·         Menciptakan inovasi dan kreasi
·         Mengadakan pameran di event besar di kota-kota besar
·         Menjadi market besar di Indonesia baik online maupun offline
·         Membantu para costumer untuk mendapatkan produk secara mudah
·         Menyadarkan pola pikir masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri yang patut dibanggakan
·         Menciptakan lapangan pekerjaan dengan cara mengembangkan agen, distributor, marketer, atau reseller ke daerah yang dapat dijangkau


BAB II
KEGIATAN USAHA

2.1 Usaha Yang Dijalankan

Usaha yang dijalankan ini bergerak dibidang perdagangan pakaian muslimah terutama dengan cara menjual pada social media (secara online) atau pun offline dengan mini galeri di rumah. Secara umum teknis yang dilakukan, diantara nya :
a.        Menyediakan barang atau stock
b.       Mengunggah foto produk pada social media, seperti pada facebook, instagram.
c.        Melakukan promosi setiap hari nya dengan rutin mengupload foto produk
d.       Kemudian mengikuti beberapa kegiatan untuk menambah followers atau calon pelanggan dengan melakukan SFS (Shoutout For Shoutout)  atau pun LFL (Like For Like)
e.        Selanjutnya melakukan pembalasan chat order jika sudah mulai ada yang order
f.        Transaksi yang diterima segera di cek lalu melakukan pengemasan barang
g.       Selanjutnya pengiriman barang.
Itulah sekilas tentang teknis bisnis online pada Rumah Cantik Bunda di bidang perdangangan pakaian muslimah yang bisa saya sampaikan pada proposal ini, namun secara terperinci silahkah survey ke perusahaan kami.





2.2 Analisa Peluang Usaha

Untuk menjalankan usaha disini ada beberapa analisis yang menjelaskan kelebihan,kelemahan,keuntungan dan ancaman.

1.      Strangt (kelebihan)
·         Berbeda dari produk yang lain dikarenakan di desain sedemikian rupa agar lebih menonjol dan lebih menarik untuk di kenakan
·         Bahan yang digunakan terjamin kualitasnya
·         Terdapat zipper manset pada gamis jadi memudahkan berwudhu untuk pemakainya
2.      Weakness (Kelemahan)
·         Ada beberapa warna bahan yang berbeda saat produk pertama walaupun jenis bahan sama
  • Produk mudah ditiru
3.      Opportunity (Peluang)
·         Pakaian muslimah sekarang sudang menjadi trend sebagai fashion bagi para wanita, dengan berbagai macam model pakaian yang banyak sekali maka para wanita atau muslimah mulai mencari dan menginginkan gamis atau hijab yang bagus untuk di kenakan.

2.3 Metode Pemasaran
·         Online shop
·         Offline shop
·         Pemasangan spanduk
·         Pengenalan produk lewat pameran event event besar
·         Promosi lewat media cetak

2.4 Target Konsumen
Pemilihan target konsumen pada sektor bisnis perdagangan pakaian muslimah adalah semua kalangan wanita di semua usia, mulai dari anak-anak,remaja, dewasa, dan kalangan wanita baya sekalipun. Mereka-mereka yang menyukai fashion sehingga tertarik untuk membeli pakaian muslimah setidaknya setiap bulan.



BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1 Produk atau Barang
Produk yang akan Rumah Cantik Bunda distribusikan seperti :


  • Gamis syar’i
  • Khimar syar’i
  • Jilbab segiempat
  • Jilbab segiempat instan
  • Pasmina polos
  • Pasmina motif
  • Pasmina instan
  • Inner ciput / ninja hijab
  • Jilbab anak
  • Gamis anak


3.2 Gambaran Produk
Produk yang akan diluncurkan di desain dengan size chart standar yang sudah ditentukan lalu dibuat sedemikian rupa sehingga membuat pakaian muslimah tersebut dapat terlihat simple namun tetap elegant, serta nyaman dipakai, tidak membuat penggunanya merasa kepanasan, serta modis dan selalu mengikuti perkembangan trend masa kini.

3.3 Rincian Modal
Biaya listrik                                                                 :Rp   350.000-/bulan
Biaya air                                                                      :Rp   150.000,-/bulan
Mesin obras 2 buah @ Rp.1.000.000 ,-                      :Rp 2.000.000,-
Perawatan mesin (bulanan)                                         :Rp    100.000,-
Gantungan hijab
( Besar 1 buah @ Rp 500.000 )                                  : Rp   500.000,-
( Kecil 1 buah @ Rp 350.000 )                                   :Rp    350.000,-
Rak 2 buah @ Rp 250.000                                          : Rp   500.000,-
Patung Manekin
( Dewasa 2 buah @ Rp 400.000 )                               : Rp.  800.000.-
( Anak 1 buah @ Rp 200.000)                                    : Rp 200.000,-                                                 Jumlah Rincian Modal                       :Rp 4.950.000,-

3.4 Bahan Baku
Benang 24 macam warna                                :Rp 240.000,-
Gunting 6 buah @ Rp 35.000                         :Rp 210.000,-
Kain                                                                :Rp 50.000,-/meter
Meteran jahit 6 buah @ Rp 7.500                   :Rp 45.000,-
                        Jumlah Bahan Baku             :Rp 545.000,-
Jumlah keseluruhan
Rincian modal + Bahan baku  :Rp 4.950.000 + Rp 545.000,- = Rp 5.495.000,-

3.5 Harga Produk
Harga yang akan ditawarkan bermacam – macam, seperti berikut :
  • Gamis syar’i                            Rp 240.000 – Rp 310.000,-
  • Khimar syar’i                          Rp 120.000 – Rp 145.000,-
  • Jilbab segiempat                      Rp 85.000,-
  • Jilbab segiempat instan           Rp 100.000,-
  • Pasmina polos                         Rp 90.000,-
  • Pasmina motif                         Rp 95.000,-
  • Pasmina instan                        Rp 100.000,-
  • Inner ciput / ninja hijab           Rp 30.000 – Rp 75.000
  • Jilbab anak                              Rp 35.000 – Rp 40.000
  • Gamis anak                             Rp 185.000
3.6 Target Omset
Pemasukan dari online ini ditargetkan dengan memaksimalkan marketer atau reseller dengan minimal dalam sebulan berkisar Rp 25.000.000 – Rp 30.000.000,-

BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Menutup aurat adalah suatu kewajiban bagi seorang muslimah . Karena diperlukannya menjaga aurat mereka, maka pakaian muslimah hadir dengan mudah didapatkan serta dapat dijadikan sebagai salah satu faktor utama bagi peluang bisnis usaha ini. Dengan seiring perkembangan zaman , hijab atau pun pakian muslimah yang lainnya pun ikut mengembangkan berbagai jenis model hijab dan pakaian nya.

4.2 Saran
Produk yang diciptakan harus selalu melihat peluang serta mengikuti perkembangan fashion muslimah, dengan kata lain akan selalu membutuhkan sebuah inovasi.  Diperlukan juga agar mendesain sedemikian rupa agar terlihat cantik, berbeda dari yang lain dan nyaman untuk di kenakan. Dan insyaAllah pakaian muslimah kamipun menuntun agar para wanita tetap menjalankan syariat sebagai seorang muslimah.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar